Solusi Hidup Sejahtera di Bawah Kendali Pemerintahan Yang Adil

Mewujudkan kehidupan sejahtera di bawah kendali pemerintahan yang adil.

Solusi Hidup Sejahtera di Bawah Kendali Pemerintahan Yang Adil

Solusi Hidup Sejahtera di Bawah Kendali Pemerintahan Yang Adil - Menjadi dambaan umat manusia di mana saja untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera aman dan damai di bawah kendali pemerintahan yang aman, benar, adil dan berwibawa. Kancah ini, adalah sesuatu yang mungkin, tetapi tidak mudah. Sejarah menceritakan bahwa hanya sedikit generasi yang sukses dan yang terbanyak adalah generasi yang tidak sukses. Salah satu akibatnya, manusia menjadi mangsanya sendiri.

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh untuk diberikan amanah kekhalifahan (memegang kendali pemerintahan) dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa..." (An-Nur: 55)
Allah ﷻ menciptakan alam ini, memposisikan manusia menjadi khalifah-Nya di bumi dan menurunkan agama Islam atas iradah yang benar, tidak main-main agar manusia dapat tuntunan dalam mewujudkan kehidupan yang baik di bawah limpahan ampunan-Nya. Solusi untuk mewujudkannya, manusia dihimbau dan akan diberikan kemampuan iman dan amal saleh untuk menegakan din al-Islam secara utuh, artinya sampai kepada kemampuan menegakan kekhalifahan/siasah/politik atas dasar Islam.

ثُمَّ جَعَلْنَاكُمْ خَلَائِفَ فِي الْأَرْضِ مِنْ بَعْدِهِمْ لِنَنْظُرَ كَيْفَ تَعْمَلُونَ
Kemudian Kami menjadikan kalian sebagai khalifah (para penguasa) di bumi setelah mereka (generasi terdahulu) supaya Kami dapat mengamati bagaimana kalian berbuat." (Yunus: 14)
Jika din al-Islam (agama Islam) yang ditegakan hanya bagian-bagiannya, seperti ibadah mahdhah  saja yang ditegakkan, dan banyak yang lain ditinggalkan, berarti tidak utuh. Inilah yang menjadikan Islam dan umat Islam dikatakan tidak kuat, goyah, dan pada kondisi tertentu, ditekan, difitnah, dan bisa juga dibantai.

Padahal dengan Islam, umat Islam diharapkan dapat menjadi penggerak perubahan, pengayom dan pengendali kearah kehidupan yang salam, sejahtera/adil/damai. Karena itu keberadaan umat Islam, harus sampai pada tingkat kemampuan yang prima untuk dapat mempunyai power dalam menegakan siasah/politik Islam.

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
Ia-lah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar supaya ia dapat mengungguli seluruh agama, sekalipun tidak disukai oleh orang-orang musyrik." (as-Shaf: 9)
Jika din al-Islam bisa ditegakkan dan memang kuat, orang-orang yang ingkar kepada Allah, tidak akan bisa berbuat sesuka hati merendahkan umat Islam. Bila umat Islam kuat, maka para penantang Islam akan senantiasa bisa dimonitor dan dijinakan. Bila umat ini kuat, jangan berharap orang-orang kafir dapat lalu lalang sesuka hati menyakiti umat Islam di bumi, (an-Nur: 57).

Persoalan kita, adalah bagaimana umat Islam memproses diri ke arah kemampuan menegakan din al-Islam secara totalitas yang utuh dan mendapat amanat dari Allah ﷻ serta kesediaan rakyat/bangsa (suka atau terpaksa) untuk menjadi khalifah/pengendali di bumi. Dalam surat an-Nur: 56, kepada orang-orang beriman dan beramal saleh diperintahkan untuk mendirikan shalat, membayar zakat dan taat kepada Rasul.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat." (an-Nur:56)
Dimaksudkan dengan melaksanakan ketiga aspek tersebut agar umat Islam akan terbentuk dan mempunyai power untuk mampu berperan sebagai pengendali pemerintahan guna melahirkan kehidupan sejahtera, aman dan damai. Tiga hal yang dinyatakan oleh ayat di atas perlu difungsikan.

Shalat

Vertikal kepada Allah ﷻ, kita perlu membentuk kepribadian yang amanah istiqamah dan mampu mengendalikan diri untuk hidup sesuai dengan perintah dan kesenangan Allah, jauh dari larangan dan kebencian Allah. Qur'an menyatakan bahwa shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar." (Al-'Ankabut: 45)
Horizontal kepada umat/jama'ah, kita perlu membentuk rasa kebersamaan untuk mewujudkan kehidupan dalam segala aspek, keadaan yang diperintahkan dan disenangi Allah ﷻ, jauh dari larangan dan kebencian Allah ﷻ.

Shalat yang utama adalah shalat berjama'ah bersaman saudara-saudara seiman di sekitar tempat tinggal atau kerja. Rasul ﷺ memesankan bahwa shalat berjama'ah, apalagi di masjid, mempunyai pahala 27 kali lipat dibanding shalat sendirian. Sepatutnya kita belajar dari shalat jama'ah ini dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara kita. 

Dalam jama'ah, kita memilih imam yang terbaik di kalangan kita dalam segala hal. Para jama'ah berdiri dalam barisan yang rapih dan dalam keadaan suci menghadap Rabb yang sama, yaitu Allah ﷻ. Dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara kita juga harus demikian, yaitu mewujudkan masyarakat adil, makmur yang menjalankan ketentuan hukum Allah ﷻ.

Zakat

Zakat Mendorong individu dan kelompok mempunyai kemampuan untuk hidup produktif, efektif dan efisien kapan saja dan di mana saja ia berada. 

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِنْدَ اللَّهِ ۖ وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ
Transaksi riba yang kalian lakukan agar mempunyai nilau tambah tidak mempunyai nilai tambah disisi Allah. Sedangkan zakat yang kalian berikan untuk mengharapkan wajah Allah, maka mereka (pelakunya) adalah yang mendapatkan keuntungan berlipat ganda." (ar-Rum:39)
Kita perlu mendorong kehidupan yang beramar ma'ruf nahi munkar, bebas dari maksiat. Inilah yang menjadikan umat Islam sebagai umat terbaik yang pernah dimunculkan di muka bumi.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
Kalian adalah umat terbaik yang pernah dimunculkan di tengah masyarakat; kalian menyuruh melakukan yang ma'ruf melarang perbuatan munkar, dan beriman kepada Allah." (Al-Imran: 110)
Kita perlu memiliki financial power (kekayaan) dan logistik yang siap dimobilisir untuk kepentingan  pembangunan manusia seutuhnya.

Taat Kepada Rasul

Kita harus mencontoh Rasul ﷺ dalam segala hal sehingga memiliki akhlak yang terpuji disemua kondisi.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
Sesungguhnya Rasul Allah itu menjadi suri teladan bagi kalian; bagi orang yang mengharapkan (bertemu dengan) Allah dan hari akhirat serta banyak mengingat Allah." (al-Ahzab: 21)
Kita harus mempunyai kemampuan da'wah, menegakan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur dengan mengikuti jejak Rasul. Kita harus mempunyai inisiatif, kreatif, responsif, komunikatif, leadership, problem solving dalam menjawab tantangan yang ada. Itu semua menjadi tanggung jawab umat Islam.

Dilansir dari Buletin Dakwah
M. Nur Caniago
Nama

Architect,1,Astronomy,1,Auto,3,Food,1,Health,8,History,9,Khazanah,45,Military,1,News,12,Science,4,Sport,1,Style,3,Tech,16,Travel,4,Videos,2,
ltr
item
Digopedia: Solusi Hidup Sejahtera di Bawah Kendali Pemerintahan Yang Adil
Solusi Hidup Sejahtera di Bawah Kendali Pemerintahan Yang Adil
Mewujudkan kehidupan sejahtera di bawah kendali pemerintahan yang adil.
https://3.bp.blogspot.com/-sMJxqkB1wwU/Wzn4L1FcupI/AAAAAAAAAVw/ERPKG3NfXhUl8aUrdF1STdM_-7hAkg_AQCLcBGAs/s400/solusi-hidup-sejahtera-di-bawah-kendali-pemerintahan-yang-adil.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-sMJxqkB1wwU/Wzn4L1FcupI/AAAAAAAAAVw/ERPKG3NfXhUl8aUrdF1STdM_-7hAkg_AQCLcBGAs/s72-c/solusi-hidup-sejahtera-di-bawah-kendali-pemerintahan-yang-adil.jpg
Digopedia
https://www.digopedia.com/2018/07/solusi-hidup-sejahtera-di-bawah-kendali-pemerintahan-yang-adil.html
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/2018/07/solusi-hidup-sejahtera-di-bawah-kendali-pemerintahan-yang-adil.html
true
5414082328370972663
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy