Piagam Madinah Jamin Kebebasan Beragama

Piagama Madinah adalah jamin kebebasan beragama bagi masyarakat plural.

Piagam Madinah Jamin Kebebasan Beragama

Piagam Madinah Jamin Kebebasan Beragama - Setiap kali berbicara mengenai negara dalam hubungannya dengan Islam, atau yang diidealkan Islam, maka orang akan selalu merujuk pemerintahan/negara pada zaman Rasulullah ﷺ di Madinah. Berikutnya adalah pemerintahan empat khalifah penerus Rasulullah ﷺ -- Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Yang terakhir ini seringkali disebut sebagai Khulafaur Rasyidin -- para khalifah yang mendapatkan petunjuk (dari Allah ﷻ).

Negara pada masa Rasulullah ﷺ bercorak teokratis, sedangkan zaman Khulafaur Rasyidin bercorak republik demokratis -- kepala negara dipilih. Dalam surat-suratnya, Nabi Muhammad ﷺ selalu menyebutkan: dari Muhammad Rasulullah. Sedangkan Khulafaur Rasyidin menyebutkan: dari Amirul Mukminin (pemimpin para mukmin).

Setelah Khulafaur Rasyidin, corak maupun bentuk negara berubah-ubah menurut perkembangan zaman. Dari sejak pemerintahan Bani Umayyah di Damsyik (Damaskus), Bani Abbasiyah di Baghdad, dan kemudian Bani Usmaniyah di Istambul, negara berbentuk kekhalifahan dengan corak monarki absolut. Kemudian, ketika Khalifah Usmaniyah bubar dan negara-negara Islam merdeka dari penjajahan, muncullah sejumlah negara berbentuk republik atau kerajaan.

Munculnya beragam bentuk, corak maupun model negara berpenduduk Muslim itu barangkali karena memang tidak ada teks -- baik Alquran maupun Hadis -- yang mengatur hal itu. Alquran hanya menggarisbawahi, kepada umat Islam diperintahkan untuk 'Athi'ullah wa rasulihi wa ulil amri minkum -- taatilah Allah, Rasul-Nya, dan pemimpin kalian. Dengan kata lain, umat Islam diperintahkan untuk menerapkan hukum Islam yang bersumber dari Alquran dan Hadis.

Itulah yang juga dilaksanakan pada masa pemerintahan Rasulullah Muhammad ﷺ di Madinah. Kepada umat Islam, Rasulullah menerapkan hukum-hukum Islam berikut sanksi-sanksinya. Namun, dalam hubungan dengan ketatanegaraan di mana terdapat multi etnis, kabilah, dan agama (kepercayaan), Rasulullah ﷺ -- sebagai kepala negara dan pemerintahan -- memberlakukan aturan-aturan lain, yang kemudian dikenal dengan Piagam Madinah.

Seperti diketahui, ketika Nabi Muhammad ﷺ tiba di Madinah, di kota itu sudah terdapat tiga golongan besar: Muslimin, Yahudi, dan Musyrikin. Muslimin terdiri dari kaum Muhajirin dan Anshar. Kaum Muhajirin adalah pendatang yang hijrah dari Mekah. Mereka adalah orang-orang Quraisy Mekah yang telah masuk Islam, terdiri dari beberapa kelompok, antara lain Banu Hasyim dan Banu Muthalib. Kaum Anshar adalah penduduk asli Madinah yang sudah masuk Islam. Mereka kebanyakan dari Kabilah Aws dan Khazraj.

Golongan Musyrikin merupakan orang-orang Arab yang masih menyembah berhala. Golongan Yahudi terdiri dari keturunan Yahudi pendatang dan keturunan Arab yang masuk agama Yahudi atau kawin dengan orang Yahudi pendatang. Tiga kelompok Yahudi pendatang adalah Banu Nadir, Banu Qaynuqa', dan Banu Qurayzhah.

Di tengah kemajemukan penghuni Kota/Negara Madinah itu, Rasulullah ﷺ berusaha membangun tatanan hidup bersama, mencakup semua golongan yang ada di Madinah. Sebagai langkah awal, beliau mempersaudarakan para Muslim Muhajirin dengan Anshar. Persaudaraan itu bukan hanya tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari, tapi hingga ke tingkat waris-mewarisi.

Kemudian diadakan perjanjian hidup bersama secara damai di antara berbagai golongan yang ada di Madinah, baik antara golongan-golongan Islam, maupun dengan golongan-golongan Yahudi. Kesepakatan-kesepakatan antara golongan Muhajirin dan Anshar, dan perjanjian dengan golongan Yahudi itu, secara formal, ditulis dalam suatu naskah yang disebut Shahifah. Shahifah dengan 47 pasal inilah yang kemudian disebut dengan Piagam Madinah. Piagam yang menjadi payung kehidupan berbangsa dan bernegara -- dengan multi etnis dan agama -- ini, menurut sejumlah sumber, dibuat pada tahun pertama Hijrah dan sebelum Perang Badar.

Pasal-Pasal Yang Menjamin Kebebasan Beragama

Di antara pasal-pasal yang menjamin kebebasan golongan Yahudi (non-Muslim) adalah: Kaum Yahudi adalah satu umat dengan Mukminin. Bagi kaum Yahudi agama mereka, dan bagi kaum Muslimin agama mereka. Juga (kebebasan ini berlaku) bagi sekutu-sekutu dan diri mereka sendiri, kecuali bagi yang zalim dan jahat. Hal demikian akan merusak diri dan keluarganya (Pasal 25).

Bagi kaum Yahudi ada kewajiban biaya, dan bagi kaum Muslimin ada kewajiban biaya. Mereka (Yahudi dan Muslimin) bantu-membantu dalam menghadapi musuh warga Piagam ini. Mereka saling memberi saran dan nasihat. Memenuhi janji lawan dari khianat. Seseorang tidak menanggung hukuman akibat (kesalahan) sekutunya. Pembelaan diberikan kepada pihak yang teraniaya (Pasal 37).

Sesungguhnya piagam ini tidak membela orang zalim dan khianat. Orang yang keluar (bepergian) aman, dan orang berada di Madinah aman, kecuali orang yang zalim dan khianat. Allah adalah penjamin orang yang berbuat baik dan takwa. Dan Muhammad Rasulullah ﷺ (Pasal 47).

Meskipun umat non-Muslim diberi kebebasan, tidak harus mengikuti hukum-hukum Islam, namun mereka (Ahlul Kitab/Yahudi) tetap diharuskan menjalankan ajaran agamanya masing-masing. Dalam sebuah riwayat, disampaikan Imam Ahmad dan Muslim, dikemukakan, di depan Rasulullah ﷺ lewat orang-orang Yahudi membawa seorang hukuman yang dijemur dan dipukuli. Lalu Rasulullah ﷺ memanggil mereka dan bertanya, ''Apakah demikian hukuman terhadap orang yang berzina yang kalian dapat dalam kitab kalian?'' Mereka menjawab, ''Ya.''

Rasulullah ﷺ kemudian memanggil seorang ulama mereka dan bersabda, ''Aku bersumpah atas nama Allah yang telah menurunkan Taurat kepada Musa, apakah demikian kamu dapati hukuman kepada orang yang berzina di dalam kitabmu?''

Ulama (Yahudi) itu menjawab, ''Tidak. Demi Allah jika engkau tidak bersumpah lebih dahulu niscaya tidak akan kuterangkan. Hukuman bagi orang yang berzina di dalam kitab kami adalah dirajam (dilempari batu sampai mati). Namun, karena banyak di antara pembesar-pembesar kami yang melakukan zina, maka kami biarkan, dan apabila seorang berzina kami tegakkan hukum sesuai dengan kitab. Kemudian kami berkumpul dan mengubah hukum tersebut dengan menetapkan hukum yang ringan dilaksanakan, bagi yang hina maupun pembesar yaitu menjemur dan memukulinya.''

Rasulullah ﷺ lalu bersabda, ''Ya Allah, sesungguhnya saya yang pertama menghidupkan perintah-Mu setelah dihapuskan oleh mereka.'' Selanjutnya Rasulullah menetapkan hukum rajam, dan dirajamlah Yahudi pezina itu.

Dari riwayat di atas dapat disimpulkan bahwa orang-orang Yahudi (non-Muslim) tetap diwajibkan menjalankan hukum-hukum Taurat. Mereka juga dilarang membuat-buat hukum sendiri, meskipun mereka menyepakatinya.

Itulah substansi dari Piagam Madinah. Piagam yang dibuat Rasulullah ﷺ, terkait dengan posisi penduduk Madinah yang menunjukkan bahwa kelompok non-Muslim memperoleh jaminan keadilan dalam menjalankan agamanya. Hal ini akan menjaga integritas bangsa Madinah yang terdiri dari berbagai suku dan penganut agama, meskipun kaum Muslimin merupakan mayoritas. Piagama Madinah adalah jaminan integrasi bangsa dan persamaan hak dan kewajiban bagi masyarakat plural/jamin kebebasan beragama.
Nama

Architect,1,Astronomy,1,Auto,3,Food,1,Health,8,History,9,Khazanah,45,Military,1,News,12,Science,4,Sport,1,Style,3,Tech,16,Travel,4,Videos,2,
ltr
item
Digopedia: Piagam Madinah Jamin Kebebasan Beragama
Piagam Madinah Jamin Kebebasan Beragama
Piagama Madinah adalah jamin kebebasan beragama bagi masyarakat plural.
https://3.bp.blogspot.com/-G48kzYhcLpY/WzuagKqn-hI/AAAAAAAAAW8/kVPNvOT01REVx5W_E6iuYhoRwTceD7mhACLcBGAs/s400/piagam-madinah-jamin-kebebasan-beragama.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-G48kzYhcLpY/WzuagKqn-hI/AAAAAAAAAW8/kVPNvOT01REVx5W_E6iuYhoRwTceD7mhACLcBGAs/s72-c/piagam-madinah-jamin-kebebasan-beragama.jpg
Digopedia
https://www.digopedia.com/2018/06/piagam-madinah-jamin-kebebasan-beragama.html
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/2018/06/piagam-madinah-jamin-kebebasan-beragama.html
true
5414082328370972663
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy