Muharram, Bulan Permulaan Tahun Hijriyah

Muharram, bulan permulaan perhitungan Hijriyah, tahun baru umat Islam.

Muharram, Bulan Permulaan Tahun Hijriyah

Muharram, Bulan Permulaan Tahun Hijriyah - Bulan Muharram, bulan permulaan perhitungan tahun Hijriyah, tahun baru umat Islam. Kehadirannya menyadarkan kita, bahwa telah satu tahun pula masa dan hari masuk dalam gulungan waktu. Sebagai orang berdagang dan berniaga, maka telah tiba pula waktunya kita membuat neraca untung rugi yang kita alami selama setahun yang telah lalu dari bulan Muharram tahun lalu ke Muharram berikutnya.

Kalau ada keuntungan perdagangan, akan kita catat sebab-sebab keuntungan yang didapat itu untuk bekal menjalankan perdagangan kita, di tahun-tahun yang akan datang yang dimulai dari bulan Muharram. Kalau ada kerugian yang kita lihat dalam neraca pembukuan akhir tahun Hijriyah, maka sebab-sebab kerugian itu akan kita hindari di masa-masa yang akan datang.

Begitu pulalah seharusnya sikap kita dalam menghadapi hidup di dunia ini, karena bukankah kita hidup di dunia ini sama seperti orang yang berdagang dan berniaga, bertujuan untuk mencari keuntungan dan menghindari kerugian. Keuntungan dan kerugian dalam mengejar tujuan hidup kita yang abadi, yaitu mardhatillah, keridhaan Allah ﷻ.

Bulan Muharram, bulan dimana kita harus meneliti neraca amal-amal kita selama tahun yang lalu, untuk kita jadikan pedoman dan panduan hidup selama tahun depan Insya Allah. Perhitungan tahun (kalender) selalu menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia, dan ini disadari benar-benar oleh manusia dalam sejarahnya.

Awal Perhitungan Tahun Islam (Hijriyah)

Umat Islam mempunyai penanggalan yang awalnya diambil dari sesuatu yang nyata dalam sejarah, suatu historical fact, suatu kenyataan sejarah, yang dapat ditelusuri secara ilmiah. Awal dari perhitungan tahun Islam (Hijriyah) diambil dari kejadian yang faktual dalam sejarah, hijrahnya Rasulullah Muhammad ﷺ dari Makkah ke kota di sebelah utara Makkah yang waktu itu bernama Yatsrib, yang kemudian oleh penduduknya diganti namanya dengan nama Madinah, (madinatun Nabi, kota Nabi).

Nama Yatsrib tidak berarti apa-apa, bahkan terkesan lucu, karena Yatsrib konon berarti demam-demam puyuh. Dengan pergantian menjadi Madinah, maka nama kota itu saja telah mempunyai kaitan yang erat dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad ﷺ itu sendiri. Di masa Makkah selama 13 tahun Rasulullah ﷺ melaksanakan tugas sebagai arsitek rohani dalam menyampaikan risalah, menyatukan iman dan taqwa kepada para pengikutnya yang jumlahnya belum seberapa, bekerja dengan dikelilingi kaum musyrikin yang memusuhinya, dan tidak memiliki kekuatan sama sekali kecuali kekuatan iman dan taqwa kepada Allah ﷻ.

Alat pemungkas yang dipunyai para pengikutnya waktu itu dalam mengatasi segala halangan dan rintangan yang dilakukan kaum musyrikin Quraisy hanyalah do'a dan kesabaran. Ketika perintah Allah untuk berhijrah dilaksanakan Rasulullah ﷺ dan pengikutnya ke Madinah, maka berawalah sejarah Islam yang makin lama makin gemilang.
إِنِّي مُهَاجِرٌ إِلَىٰ رَبِّي ۖ إِنَّهُ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
...Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Al-'Ankabut: 26)
Di Madinah Rasulullah ﷺ dan pengikutnya pada hakikatnya mengaktualkan dan merealisasikan risalah yang dibawanya kedalam masyarakat muslimin dan penduduk lain di Madinah. Di Madinah Rasulullah ﷺ telah menyusun nizam (organisasi), dan nizam ini ditunjang oleh kekuatan yang nyata (sulthah tanfiziyah), dan sejak itu berturut-turut jatuhlah kota Makkah ke tangan kaum Muslimin, dan seluruh Hejaz pun telah sempurna menjadi pengikut Nabi Muhammad ﷺ.

Beberapa tahun kemudian, di zaman Khalifah 'Umar bin Khaththab, Islam telah sampai meliputi dunia Arab, Parsi dan Romawi, tinggal menunggu waktu, telah sampai ke Mesir dan benua hitam Afrika dan Maghrib al-Aqsha. Kemudian sejarah mencatat, setelah Islam bersinar dimana-mana di dunia waktu itu, dari lembah Indus di timur sampai ke pegunungan Kaukasus di daratan Eropa, melingkar ke Andalusia Spanyol, benua hitam Afrika.

Dunia Islam waktu itu menjadi mercusuar kebudayaan manusia, di mana kemudian bangsa-bangsa Eropa menimba ilmu pengetahuan dan peradaban untuk diterapkan dalam masyarakat mereka sendiri. Semua itu dimulai dengan hijrah, hijrah Nabi dari Makkah ke Madinah! Itulah sebabnya hijrah tercatat dalam sejarah dunia sebagai satu kejadian yang merobah wajah dunia waktu itu. An event that shook the word (suatu peristiwa yang menggoncang dunia).

Bagaimana kisahnya hijrah itu dijadikan patokan awal dari penanggalan Islam (tahun Hijriyah)? Hal ini terjadi di zaman Khalifah 'Umar bin Khaththab. 'Umar bin Khaththab sebagai Amirul Mu'minin tidak tercatat dalam riwayat mempunyai kantor (seperti Istana Negara kita atau White House Amerika Serikat). Hubungan hanya dilakukan dengan perantaraan kurir-kurir yang menunggang kuda atau unta.

Amirul Mu'minin waktu itu juga tidak tercatat mempunyai staf sebagaimana layaknya kepala Negara di masa kita ini. Akan tetapi jelas tercatat dalam sejarah, bahwa 'Umar bin Khaththab adalah Amirul Mu'minin yang benar-benar mengendalikan keadaan pemerintahan sampai hal yang sekecil-kecilnya.

Tidak ada kejadian di mana pun dalam daerah kekuasaannya yang telah meliputi seluruh jazirah Arab, Iraq, Syam, sampai ke sudut-sudut Afrika Utara, Mesir, yang luput dari perhatiannya. Setiap kejadian yang akan merusak citra Islam, misalnya perbuatan-perbuatan para Gubernurnya yang salah dan keliru, korupsi dan lain-lain sebagainya, tidak luput dari pengawasannya dan selalu mendapatkan tindakan yang cepat dan tepat dari Khalifah.

Dalam rangka aktivitas Khalifah yang demikianlah, datang sebuah masukan dari para Gubernurnya, antara lain dari Abu Musa al-'Asy'ari (seorang dari Gubernurnya), yang mengusulkan, agar surat-surat Amirul Mu'minin kepada mereka diberi tanggal dan bulan penulisannya, demi untuk kerapian hubungan dalam pemerintahan.

Memang waktu itu belum ada penanggalan resmi Islam (Hijriyah), karena waktu itu tahun-tahun baru dicatat menurut kejadian-kejadian yang besar misalnya tahun gajah, tahun debu dan sebagainya. (Hal ini mungkin dapat dibandingkan dengan persepsi tahun-tahun pada bangsa-bangsa terdahulu, yang menghitung tahun berdasarkan kejadian yang besar, misalnya waktu Krakatau meletus dan lain sebagainya).

Masukan dari para Gubernur itu diakui kebenarannya oleh 'Umar bin Khaththab, dan dirundingkanlah dengan para sahabat awal penanggalan yang akan dipakai. Ada beberapa usul yang dikemukakan, antara lain ada yang mengusulkan mengikuti tahun romawi, ada yang mengusulkan hari lahirnya Nabi Muhammad, ada yang mengusulkan dimulai dari tahun nubuwwah, akan tetapi yang disepakati kemudian adalah peristiwa hijrah Nabi dari Makkah ke Madinah itu.

Putusan kesepakatan penanggalan Hijriyah itu adalah tepat, karena masa di Makkah dan masa di Madinah adalah masa-masa yang berbeda dari perkembangan Islam, dan peristiwa yang menjadi batas keduanya adalah Hijrah. Perintah Allah untuk hijrah itu menjadikan kaum muslimin ketika itu menjadi dua komunitas, Muhajirin dan Anshar.

Muhajirin adalah umat Islam yang hijrah bersama Nabi dari Makkah, dan Anshar adalah komunitas yang menerima kaum muslimin itu di Madinah. Setelah Makkah masuk dalam pangkuan umat Islam (futuh Makkah), maka tidak ada lagi hijrah dalam arti seperti yang dilaksanakan Nabi dengan para pengikutnya masa itu.

Akan tetapi para 'ulama sepakat, bahwa ada hijrah dalam pengertian lain, yaitu kewajiban hijrah "min azh-zhulumati ila an-nur", hijrah dari hidup yang tidak Islami ke hidup yang Islami; hijrah dari hidup tidak manusiawi ke hidup manusia yang manusiawi; hijrah dari hukum yang tidak Islami ke hukum yang Islami. Karena itulah saya berkata, bahwa dalam hukum pun ada wajib hijrah.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia 72 tahun yang lalu pada hakikatnya adalah proklamasi kemerdekaan dari hukum yang diberlakukan penjajah kepada bangsa Indonesia. Hal inilah yang diperjuangkan dulu oleh para pahlawan kita, seperti Si Singamangaraja, Tengku Umar, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Pattimura dan mungkin ratusan pahlawan lain yang menentang penjajah Belanda.

Akan tetapi sekarang telah lebih dari setengah abad sejak Proklamasi Kemerdekaan itu berlalu, hukum yang berlaku masih hukum warisan kolonial. Pasal peralihan dari UUD 45 masih tetap merupakan peralihan, dan karena wajib hijrah dalam bidang hukum belum lagi kita tunaikan. Bahkan mungkin telah banyak di antara kita yang telah lupa akan hal itu.

Tidaklah mengherankan, kalau makin lama budaya hukum kita makin hancur, makin lama bangsa kita makin terjerumus kepada tindak-tindak laku yang kita saksikan dalam masyarakat dewasa ini, yang telah sukar dibedakan mana yang manusia dan mana yang binatang.
Seorang pujangga Spanyol, Ortega Y Gasset, pernah mengatakan, orang sekarang telah menjadi "modern barbarians" (orang biadab modern). 
Kepada kaum muslimin Indonesia saya bertanya, pertanyaan yang difirmankan Allah ﷻ dalam Qur'an surat at-Takwir ayat 26: Fa aina tazhabun? (Ke manakah kalian akan pergi?).

Demikianlah sedikit penjelasan terkait bulan Muharram, bulan permulaan tahun Hijriyah,  tahun baru umat Islam. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Dilansir dari Buletin Dakwah
Prof. Dr. H. Busthanul Arifin S.H.
Nama

Architect,1,Astronomy,1,Auto,3,Food,1,Health,8,History,9,Khazanah,45,Military,1,News,12,Science,4,Sport,1,Style,3,Tech,16,Travel,4,Videos,2,
ltr
item
Digopedia: Muharram, Bulan Permulaan Tahun Hijriyah
Muharram, Bulan Permulaan Tahun Hijriyah
Muharram, bulan permulaan perhitungan Hijriyah, tahun baru umat Islam.
https://3.bp.blogspot.com/-pz5Q95zOgK8/WyTAUAh_dGI/AAAAAAAAADQ/F_exmINQUowWwhpE8_XsZl4PISLqYSGngCLcBGAs/s400/muharram-bulan-permulaan-tahun-hijriyah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pz5Q95zOgK8/WyTAUAh_dGI/AAAAAAAAADQ/F_exmINQUowWwhpE8_XsZl4PISLqYSGngCLcBGAs/s72-c/muharram-bulan-permulaan-tahun-hijriyah.jpg
Digopedia
https://www.digopedia.com/2018/06/muharram-bulan-permulaan-tahun-hijriyah.html
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/2018/06/muharram-bulan-permulaan-tahun-hijriyah.html
true
5414082328370972663
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy