Pencabutan Permen ESDM, Sama Dengan Menggadaikan Negeri Sendiri

Pencabutan Permen ESDM, sama saja dengan menggadaikan negeri sendiri untuk pihak asing.

Pencabutan Permen ESDM, Sama Dengan Menggadaikan Negeri Sendiri

Pencabutan Permen ESDM, Sama Dengan Menggadaikan Negeri Sendiri  - Serbuan tenaga kerja asing (TKA) makin hari semakin membludak, problematika tenaga kerja asing makin hari semakin meresahkan tenaga kerja lokal. Dengan diberlakukannya pencabutan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) No.31/2013, terkait Ketentuan dan Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Pengembangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada Kegiatan Usaha Migas, menjadi tanda tanya besar dalam benak serta pikiran semua pihak.

Terkait pencabutan Permen ESDM tersebut, Ketua DPR, Bambang Soesatyo, merespon akan hal itu supaya pihak pemerintah untuk selalu mengedepankan tenaga kerja lokal ketimbang tenaga kerja asing dalam sektor Migas. Dirinya begitu khawatir terkait pencabutan Permen ESDM No. 31/2013 itu, yang nantinya akan berakibat fatal, membludaknya tenaga kerja asing (TKA) di sektor industri migas.

Bambang juga meminta kepada pemerintah untuk selalu mengedepankan/memprioritaskan tenaga kerja lokal di sektor migas, supaya keahlian tenaga kerja lokal menjadi kompeten dibidangnya terutama dalam mengelola SDA di negeri ini. Tidak hanya itu, dirinya juga mengharapkan kepada Komisi VII DPR (dalam bidang pertambangan dan energi), supaya mendorong Kementerian ESDM agar mempertimbangkan dengan pengkajian ulang pencabutan Permen ESDM tersebut.

Bamsoet panggilan akrab Bambang Soesatyo, dengan tegas menyatakan, bahwa liberalisasi di sektor migas sangat bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 33 ayat (3). Yakni, mengamanatkan semua kekayaan alam Indonesia harus dikuasai oleh negara untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.

Bamsoet juga meminta supaya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjalankan proses seleksi yang sangat ketat bagi calon TKA yang hendak bekerja di tanah air terutama di sektor migas. Dengan begitu diharapkan supaya bisa transfer ilmu bagi tenaga kerja lokal, dengan mengintensifkan kegiatan pendidikan dan pelatihan, karena tingkat pengangguran di Indonesia masih terbilang cukup tinggi.

Di lain tempat Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan juga mengatakan hal senada. Dirinya menghimbau kepada kepada pemerintah untuk supaya lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan, terkait TKA yang masuk ke tanah air, terutama di sektor migas.
Pencabutan regulasi itu dikabarkan untuk mendorong agar investasi sektor minyak dan gas bumi masuk ke Indonesia. Namun juga harus diwaspadai kuli asing yang juga ikut masuk. Jangan sampai TKA itu berkeliaran di Tanah Air, atau bahkan menggantikan tenaga kerja Indonesia yang memiliki kompetensi di bidang itu,"  tegas Taufik.
Taufik juga mengharapkan adanya timbal balik dengan masuknya tenaga kerja asing ke tanah air dapat menjalin kerjasama dengan cara knowledge transfer kepada para pekerja Indonesia, sehingga kompetensinya meningkat. Syarat yang harus terpenuhi lainnya yaitu agar Kementerian Ketenagakerjaan dapat melakukan pengawasan terhadap TKA yang masuk, dan memastikan dokumen yang digunakan pun resmi.
Jangan sampai justru kita malah diserbu TKA ilegal, yang merugikan kita dan pekerja lokal," tegasnya.
Komisi VII DPR selaku mitra kerja Kementerian ESDM, mengkritik keras pencabutan Permen ESDM Nomor 31 Tahun 2013 itu. Wakil Ketua Komisi VII DPR, Herman Khaeron, merasa jika peluang lapangan kerja di sektor Migas diisi TKA, sama saja dengan menggadaikan negeri sendiri untuk pihak asing.
Lantas bagaimana dengan hajat hidup bangsa dan negara ini, dengan penduduk sekitar 260 juta jiwa, jika mencari kerja saja susah," kata Herman saat dikonfirmasi wartawan.
Herman menilai, pencabutan Permen tersebut akan mengurangi peluang yang semestinya menjadi hak anak-anak bangsa Indonesia guna mendapatkan pekerjaan.
Saya pribadi tidak setuju dengan pencabutan Permen tersebut. Dan jika memang benar adanya, bisa mempermudah tenaga asing masuk ke Indonesia, terlebih dalam sektor migas. Hal ini patut untuk kita kritisi bersama," tegas Herman.
Bagi dia, sangat tidak tepat jika hal ini sengaja dicabut hanya untuk menjadi alasan mempercepat investasi dan reformasi regulasi.
Keberpihakan kepada rakyat dan anak-anak bangsa, harus menjadi prioritas. Kemampuan dari seorang pemimpin negara, harus bisa memberikan ruang yang cukup dan memadai bagi tenaga potensial dalam negeri," tandas Herman.
Sebagaimana diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) telah mencabut Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 Tahun 2013 Tentang Ketentuan Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) Indonesia Pada Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi. Hal itu dilakukan guna mempermudah prosedur masuknya TKA ke Indonesia dan mendukung masuknya investasi.

Kementerian Tenaga Kerja mencatat, jumlah tenaga kerja asing (TKA) hingga saat ini mencapai 126 ribu orang atau meningkat 69,85 persen dibandingkan akhir 2016 sebanyak 74.813 orang. Mayoritas pekerja tersebut berasal dari China.
Nama

Health,3,History,9,Military,1,News,12,Science,4,Sport,1,Style,3,Tech,16,Travel,4,
ltr
item
Digopedia: Pencabutan Permen ESDM, Sama Dengan Menggadaikan Negeri Sendiri
Pencabutan Permen ESDM, Sama Dengan Menggadaikan Negeri Sendiri
Pencabutan Permen ESDM, sama saja dengan menggadaikan negeri sendiri untuk pihak asing.
https://2.bp.blogspot.com/-Dma_LmWgHWQ/WzSf7ecvSsI/AAAAAAAAAEU/dfffga0o-XQPOkkXa6ITVUxgAoB2sJ0IACLcBGAs/s400/pencabutan-permen-esdm-sama-dengan-menggadaikan-negeri-sendiri.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Dma_LmWgHWQ/WzSf7ecvSsI/AAAAAAAAAEU/dfffga0o-XQPOkkXa6ITVUxgAoB2sJ0IACLcBGAs/s72-c/pencabutan-permen-esdm-sama-dengan-menggadaikan-negeri-sendiri.jpg
Digopedia
https://www.digopedia.com/2018/03/pencabutan-permen-esdm-sama-dengan-menggadaikan-negeri-sendiri.html
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/
https://www.digopedia.com/2018/03/pencabutan-permen-esdm-sama-dengan-menggadaikan-negeri-sendiri.html
true
5414082328370972663
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy